UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALEMBANG

LESTARI, HIKMAH and Darmawijoyo, Darmawijoyo and Usra, Meirizal (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06071006008.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_02.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_03.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_04.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_05.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok melalui Metode Bagian di SMP Negeri 19 Palembang”. Masalah yang menjadi penyebab siswa kurang memahami tekhnik lompat jauh gaya jongkok yang baik dan benar serta efektif, penyebabnya antara lain, pembelajaran lompat jauh kurang diperhatikan dan metode dalam pembelajaran lompat jauh kurang tepat. Guru harus merubah cara mengajar dengan metode yang sesuai dalam pembelajaran lompat jauh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas adalah suatu kajian yang bersifat reflektif bagi penelitian atas penelitian yang dilakukan, untuk memantapkan rasional, dan memperbaiki kondisi pembelajaran (Tim Pelatih PGSD, 1999). Penelitian tindakan kelas mempunyai ciri problem solving, yaitu pemecahan masalah yang nyata atau masalah yang terjadi di kelas. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran mulai siklus 1 dan siklus 2 ditemukan hasil sebagai berikut : Setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas VII.8 SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 44 siswa. Data dikumpulkan dari observasi. Hasil dari data awal, siswa yang kebenaran geraknya sangat baik hanya 9 siswa (20%) meningkat pada siklus 1 yaitu kebenaran gerak siswa yang sangat baik berjumlah 21 siswa (48%), kemudian dilanjutkan pada siklus 2 jumlah kebenaran gerak siswa yang sangat baik yaitu 34 siswa (77%). Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan sesuai dari standar ketuntasan di SMP Negeri 19 Palembang, yaitu bila siswa yang kebenaran geraknya baik dalam mengikuti pembelajaran mencapai > 75 % maka penelitian dinyatakan berhasil. Dilihat dari siklus akhir ( dua ), siswa yang kebenaran geraknya sangat baik mencapai 77 %, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya ( tiga ). Sebagian besar siswa mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan sebagian kecil tidak sungguhsungguh. Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran lompatjauh gayajongkok melalui metode bagian ini. Kata Kunci : Pembelajaran, lompatjauh gayajongkok, metode bagian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, lompatjauh gayajongkok, metode bagian
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:14
Last Modified: 08 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/68490

Actions (login required)

View Item View Item