Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Periode 2009-2013)

Ferina, Ika Sasti and Rina Tjandrakirana, - and ismail, ilham (2015) Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Akuntanika. pp. 52-66. ISSN 2407-1072 (In Press)

This is the latest version of this item.

[thumbnail of poltekanika.pdf]
Preview
Text
poltekanika.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of PENGARUH_KEBIJAKAN_DIVIDEN_KEBIJAKAN_HUT.pdf]
Preview
Text
PENGARUH_KEBIJAKAN_DIVIDEN_KEBIJAKAN_HUT.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan go publik selama 5 tahun periode 2009-2013, khususnya yang terdaftar dalam bursa efek indonesia. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive. Sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan pertambangan. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan dividen dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk kebijakan utang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, variabel DPR, DER, dan ROE berpengaruh signifikan terhadap PBV. Untuk menguji koefisien determinasi, nilai adjusted R2 adalah 0,710, yang berarti bahwa kombinasi variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 71%. Sementara 29% sisanya dijelakan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori Signal, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 01-Faculty of Economics > 62201-Accounting (S1)
Depositing User: M.Si Ika Sasti Ferina
Date Deposited: 31 May 2022 07:13
Last Modified: 31 May 2022 07:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70048

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item