PENGARUH MODEL VEE MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA

ANDRIYANI, TIARA DWI and Indrawati, Sri and Ernalida, Ernalida (2018) PENGARUH MODEL VEE MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_02. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_03. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_04. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_05. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021981320001_0012075914_0015026902_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Vee Map terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan model Vee Map, dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan model konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 56,19 meningkat sebesar 21,81 menjadi 78,00 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 57,34 meningkat sebesar 13,79 menjadi 71,13 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 4.231>1.999 dengan df=62 pada tingkat keberhasilan 95% (α=0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis teks cerpen antara siswa yang diajar menggunakan model Vee Map dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan model Vee Map merupakan model yang berpengaruh di dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Vee Map, konvensional, menulis cerpen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:07
Last Modified: 11 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item