UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LEMPAR TURBO MELALUI PERMAINAN MELEMPAR TONGKAT KEARAH SASARAN RING YANG DIGANTUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANGSAL KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR TAHUN AJARAN 2013 /2014.

AMAN, ALI and Ahmad, Maskur and Kurdi, Fauziah Nurani (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LEMPAR TURBO MELALUI PERMAINAN MELEMPAR TONGKAT KEARAH SASARAN RING YANG DIGANTUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANGSAL KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR TAHUN AJARAN 2013 /2014. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06107406009.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (67MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_02.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_03.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_04.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_05.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107406009_8894160017_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06107406009_8894160017_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya meningkatkan pembelajaran lempar turbo melalui permainan melempar tongkat kearah sasaran ring yang digantung pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komerin Ilir tahun ajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan pembelajaran tehnik dasar lempar turbo melalui permainan melempar tongkat pada sasaran ring yang digantung pada siswa kelas VSD Negeri 1 Bangsal Kecamatan Pampangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran lempar turbo melalui permainan melempar tongkat kearah sasaran ring yang digantung. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri I Bangsal Kecamatan Pampangan dengan jumlah siswa adalah 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus pertama terdapat 5 siswa dari 32 siswa yang baik atau 15,62%, 17 siswa yang sedang atau 53,13%, dan 10 siswa yang kurang atau 31,25%. Ketuntasan siswa dalam melakukan tehnik dasar lempar turbo 22 orang siswa tuntas atau 68,75%, dan 10 orang siswa yang tidak tuntas atau 31,25% kemudian pada siklus kedua, mengalami peningkatan keaktifan dan kemampuan gerak dalam melakukan tehnik dasar lempar turbo. Pada siklus kedua 10 siswa yang baik atau 27,5%, 18 siswa yang sedang atau 60%, dan 4 siswa yang kurang atau 12,5%. ketuntasan siswa dalam melakukan tehnik dasar lempor turbo 28 orang siswa tuntas atau 87,5% dan 4 orang siswa yang tidak tuntas atau 12,5%. Dengan mengamati hasil yang diperoleh, ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa setelah tindakan mencapai 87,5% di atas 85%, dapat disimpulkan bahwa pada siklus kedua ini telah mencapai target yang diinginkan sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Kata Kunci : Pembelajaran, lempar turbo, Permainan melempar tongkat kearah ringyang digantung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, lempar turbo, Permainan melempar tongkat kearah ringyang digantung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:12
Last Modified: 03 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70839

Actions (login required)

View Item View Item