ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSKGM PROVINSI SUMATERA SELATAN

SALSABILA, GINA DHIYA and Lani, Lasma Evy and Salim, Nanda Kamila (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSKGM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_12201_04031381823058_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_02.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_03.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_04.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_05.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_06_ref.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_12201_04031381823058_07_lamp.pdf] Text
RAMA_12201_04031381823058_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome-corona virus-2 (SARS-CoV-2). Etiologi dari penyakit ini yaitu termasuk dalam virus ribonucleid acid (RNA) yaitu virus corona jenis baru, betacorona virus dan satu kelompok dengan virus corona penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan middle east respiratory syndrome (MERS CoV). Selama pandemi berlangsung, dokter gigi tidak luput dari sasaran virus ini karena penularannya dapat melalui pelepasan aerosol dan droplet saliva ataupun darah dari rongga mulut pasien. Dalam mencegah adanya penularan COVID-19, baik pasien maupun petugas dan lingkungan rumah sakit, perlu menerapkan protokol kesehatan yang untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Ada beberapa indikator dari keberhasilan pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19 di RSKGM Provinsi Sumatera Selatan. Metode: penelitian deskriptif observasional ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan sampel yaitu sebesar 96 sampel kemudian dilakukan penyebaran kuesioner berbasis link Google Form kepada pasien melalui pihak ketiga/tidak secara langsung. Kuesioner yang digunakan sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas kemudian hasil dari penelitian ini akan dianalisis dengan uji statitiska deskriptif. Hasil: Dimensi tangibles dan assurance memperoleh persentase puas paling tinggi (100%) kemudian reliability (99%), responsiveness (97,9%), sementara empathy memperoleh persentase puas paling rendah dari dimensi lain yaitu sebesar (95,8%). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap seluruh dimensi pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSKGM Provinsi Sumatera Selatan selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 12201-Dentistry (S1)
Depositing User: Gina Dhiya Salsabila
Date Deposited: 03 Jun 2022 05:21
Last Modified: 03 Jun 2022 05:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/71509

Actions (login required)

View Item View Item