SUPRANOTO, AHMAD and Waty, Evy Ratna Kartika (2022) PARTISIPASI KARANG TARUNA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (DESA BURAI KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86205_06151281823015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86205_06151281823015 -TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_01_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (967kB) | Preview |
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (51kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (912kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (78kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86205_06151281823015_0017105901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi karang taruna dalam pengembangan Desa Wisata Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah kepala desa, ketua, dan anggota karang taruna Desa Burai. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Pada partisipasi dalam perencanaan program tahun 2021/2022 karang taruna ikut serta pada kegiatan rapat perencanaan yang diselenggerakan oleh pemerintah desa bersama pihak-pihak lainnya serta aktif dalam memberikan masukan dan saran-saran untuk pengembangan desa wisata.2) Pada partisipasi dalam pelaksanaan program wisata, karang taruna telah ikut serta dalam pengembangan desa wisata burai, seperti membuat spot-spot foto menarik, menambah destinasi wisata air menggunakan perahu, menjadi penari sambutan dalam acara-acara besar yang diselenggarakan oleh pemerintah desa maupun di pihak luar, seperti Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Ogan Ilir. Selain itu, ada beberapa keterlibatan yang juga dilakukan, seperti pengelolaan parkir kendaraan wisatawan yang datang dan juga menyedikan kulineran atau makanan khas daerah bagi para pengunjung yang datang setiap harinya. 3) Pada partisipasi dalam pemanfaatan karang taruna turut serta dalam memanfaatkan fasilitas yang ada dengan tetap melakukan perawatan pada fasilitas-fasilitas yang ada di Desa Wisata ini agar tetap terjaga. Katakunci: Partisipasi, Karang Taruna, Desa Wisata Burai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi, Karang Taruna, Desa Wisata Burai |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC189-214.53 Educational sociology |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1) |
Depositing User: | AHMAD SUPRANOTO |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:35 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/76109 |
Actions (login required)
View Item |