KEPUASAN PENGGUNA YOUTUBE DALAM MENONTON EDUKASI KOSMETIK DAN SKINCARE YANG AMAN DI YOUTUBE dR. RICHARD LEE, MARS

KALYANI, SHEILA MITHA and Lionardo, Andries and Saraswaty, Erlisa (2022) KEPUASAN PENGGUNA YOUTUBE DALAM MENONTON EDUKASI KOSMETIK DAN SKINCARE YANG AMAN DI YOUTUBE dR. RICHARD LEE, MARS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (77kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823031_0001057901_0013099204_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (831kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan penggunaan media merupakan imbalan berupa kesenangan dan kelegaan yang dihargai dan diperoleh individu setelah menggunakan media. Kehadiran produk abal-abal ditengah peningkatan tren kecantikan membuat masyarakat membutuhkan edukasi untuk memilih produk kosmetik dan skincare yang aman. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna YouTube dalam menonton edukasi kosmetik dan skincare yang aman di YouTube dr. Richard Lee, MARS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori nilai harapan dari Palmgreen yang merupakan varian terbaru dari teori uses and gratification ditambah kategori kebutuhan dan kepuasan dari McQuail, Blumler dan Brown. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 pengguna YouTube yang ditentukan berdasarkan tipe sampel purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 17 pernyataan untuk mengukur gratification sought (GS), pemberian contoh video edukasi kemudian pengukuran gratification obtained (GO) dengan kembali mengajukan 17 pernyataan kepada responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan total mean skor GS < total mean skor GO sehingga dapat dinyatakan bahwa kebutuhan yang dicari nilainya lebih kecil dari kebutuhan yang diperoleh. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan ada perbedaan rata-rata antara kepuasan yang dicari (GS) dan kepuasan yang diperoleh (GO) pengguna YouTube dalam menonton edukasi kosmetik dan skincare yang aman di YouTube dr. Richard Lee, MARS. Kata kunci: Kebutuhan dan Kepuasan Penggunaan Media, YouTube, Edukasi Kosmetik dan Skincare yang Aman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Youtube
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Sheila Mitha Kalyani
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:28
Last Modified: 09 Aug 2022 07:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/76705

Actions (login required)

View Item View Item