UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 26 PULAU RIMAU KAB. BANYUASIN

SUGINO, SUGINO and Waluyo, Waluyo and Syafaruddin, Syafaruddin (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 26 PULAU RIMAU KAB. BANYUASIN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06097406024.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_02.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_03.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_04.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_05.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (905kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06097406024_0024015602_0005095902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas V SD Negeri 26 Pulau Rimau Kab. Banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui lompat tali dapat meningkatkan pembelajaran lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri 26 Pulau Riamau Kab. Banyuasin, Permasalahan dalam penelitian ini adalah teknik lompat jauh yang belum benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut classroom action research dan dilaksanakan dua siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 26 Pulau Rimau yang beijumlah 35 orang. Data dikumpulkan dari observasi dilapangan. Setelah siswa melakukan pembelajaran lompat tinggi dengan menggunakan permainan lompat tali secara berulang-ulang, kemudian diadakan tes lompat tinggi pada akhir siklus pertama dan diperoleh 9 siswa dari 35 siswa yang baik atau 25,71 %, 14 siswa yang berkategori sedang atau 40 %, dan 12 siswa yang berkategori kurang atau 34,29 %. Ketuntasan siswa dalam melakukan lompat tinggi 23 siswa tuntas atau 65,71 %, dan 12 orang siswa yang tidak tuntas atau 34,29 %.Pada siklus kedua pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan siklus pertama hanya teknik lompat tinggi diperbaiki dan dilakukan permainan lompat tali secara berulang-ulang, kemudian diadakan tes lompat tinggi, pada akhir siklus kedua dan diperoleh data bahwa siswa 13siswa dari 35 siswa yang berkategori baik atau 37,14%, 17 siswa yang berkategori sedang atau 48,57 %, dan 5 siswa yang kurang atau 14,29%. Pada siklus kedua ketuntasan siswa dalam melakukan lompat jauh yaitu 30 siswa tuntas atau 85,71 %, dan 5 orang siswa yang tidak tuntas atau 14,29%. Dengan mengamati hasil yang telah diperoleh, ketuntasan belajar mencapai 85,71% diatas 85%,Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan permainan lompat tali, teknik lompat tinggi dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lompat Tinggi, Permainan Lompat Tali, dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV346-351.5 School and college athletics. Intramural and interscholastic athletics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:51
Last Modified: 22 Aug 2022 06:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/77501

Actions (login required)

View Item View Item