ANALISIS TEMPORAL DAN SPASIAL TERHADAP DINAMIKA PARAMETER HIDROLOGI DAN KLIMATOLOGI PADA LAHAN GAMBUT DI SUMATERA SELATAN

Irfan, Muhammad (2020) ANALISIS TEMPORAL DAN SPASIAL TERHADAP DINAMIKA PARAMETER HIDROLOGI DAN KLIMATOLOGI PADA LAHAN GAMBUT DI SUMATERA SELATAN. Doctoral thesis, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Sriwijaya.

[thumbnail of Disertasi M Irfan.pdf]
Preview
Text
Disertasi M Irfan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lahan gambut di Sumatera Selatan mudah terbakar. Beberapa peneliti terdahulu telah membuktikan adanya kaitan antara parameter hidrologi dan klimatologi dengan peristiwa kebakaran pada lahan gambut. Meskipun demikian penelitian tentang dinamika parameter hidrologi dan klimatologi sebagai parameter penting pengendali kebakaran pada lahan gambut di Sumatera Selatan belum banyak dilakukan. Salah satu kendalanya adalah sampai dengan bulan Juni 2017 masih belum tersedianya suatu sistem pengukuran terpadu secara in-situ terhadap parameter-parameter tersebut pada lahan gambut di Sumatera Selatan. Sejak bulan Juli 2017, Badan Restorasi Gambut (BRG) telah memasang suatu sistem terpadu untuk mengukur beberapa parameter hidrologi dan klimatologi secara in-situ pada beberapa lahan gambut di Sumatera Selatan sebagai upaya untuk mengendalikan kebakaran pada lahan gambut. Penelitian ini memanfaatkan data BRG tersebut sebagai data utama dan dikombinasikan dengan data satelit MODIS dan data hasil pengukuran secara in-situ lainnya. Penelitian ini dirancang dalam 3 (tiga) tahap. Pada tahap pertama, penelitian diarahkan untuk mengkaji dinamika parameter klimatologi yaitu curah hujan dan temperatur. Penelitian tahap kedua ditujukan untuk mengkaji dinamika parameter hidrologi yaitu groundwater level, kelembaban tanah, dan pasang surut pada lahan gambut di Sumatera Selatan. Penelitian tahap ketiga difokuskan untuk mengkaji dinamika kebakaran lahan gambut untuk menentukan groundwater level minimal yang harus dipertahankan. Penelitian tahap pertama telah menghasilkan suatu kajian terhadap variasi temporal dan spasial curah hujan dan temperatur. Penelitian tahap kedua telah menghasilkan suatu kajian terhadap variasi temporal dan spasial groundwater level, kelembaban tanah, pasang surut pada lahan gambut, dan pasang surut pada Sungai Saleh dan Sungai Sugihan. Penelitian tahap ketiga telah berhasil mengkaji korelasi antara tiga parameter (curah hujan, groundwater level, dan kelembaban tanah), menentukan kecepatan penurunan groundwater level, dan menentukan kecepatan penurunan kelembaban tanah fungsi groundwater level. Penelitian tahap ini juga mengkaji korelasi groundwater level dengan jumlah hotspots dan telah berhasil menentukan nilai groundwater level minimal yang harus dipertahankan untuk meminimalisir jumlah hotspots yang muncul pada lahan gambut di Sumatera Selatan, yaitu (-0,45 ± 0,09) m.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: parameter hidrologi, parameter klimatologi, lahan gambut, tipe pasang surut, groundwater level minimal.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC980-999 Climatology and weather
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 45201-Physics (S1)
Depositing User: Dr. Muhammad Irfan
Date Deposited: 18 Sep 2022 12:43
Last Modified: 18 Sep 2022 12:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/79050

Actions (login required)

View Item View Item