SENTIMENT ANALYSIS PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA (INSTAGRAM, TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PERANTARA E-MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED

ELISA, FELIA SONYA and Fathoni, Fathoni (2022) SENTIMENT ANALYSIS PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA (INSTAGRAM, TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PERANTARA E-MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (997kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823004_0218107201_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823004_0218107201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan social media sebagai wadah untuk ajang promosi dalam meningkatkan minat beli konsumen memberikan peluang untuk mengetahui seberapa pengaruhnya minat beli dengan adanya social media sebagai perantara bagi e-marketplace. Pada penelitian ini diterapkan sentiment analysis dengan metode Lexicon Based untuk melihat seberapa berpengaruh penggunaan social media terhadap minat beli. Penelitian ini mengidentifikasi dan membagi sentiment analysis menjadi 2 kelompok, yaitu positif dan negatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari survey melalui beberapa platform social media dengan cara menyebarkan link kuesioner berupa google form dengan total dataset awal diperoleh sebanyak 4440 data. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan tools yaitu KNIME (Konstanz Information Miner). Pada proses klasifikasi analisis sentiment, penelitian ini menggunakan metode Lexicon Based. Hasil akhir penelitian ini adalah mengetahui sentiment analysis berupa opini yang berpengaruh atau tidaknya dari pengguna social media sebagai media perantara E-marketplace terhadap minat beli, serta pengolahan data yang dilakukan berdasarkan dengan batasan permasalahan yang telah ditentukan sesuai judul penelitian ini. Hasil akhir data penelitian dari preprocessing dataset didapatkan sebanyak 3539 record data yang menghasilkan akurasi sebesar 79,68 %. Penilaian opini untuk menguji fakta kebenaran positif (pendapat yang bermakna) sebesar 94,52%, opini negatif (tidak benar atau tidak bermakna) sebesar 5,48%, dan opini undefined (tidak terdefinisikan) sebesar 0%. Kata Kunci: E-marketplace, Lexicon Based, Minat Beli, Sentimen Analysis, Social Media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analysis Sentiment, Social Media, Lexicon Based
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Felia Sonya Elisa
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:50
Last Modified: 29 Nov 2022 02:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/82940

Actions (login required)

View Item View Item