KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DENGAN KONTEKS KAIN TENUN TAJUNG PALEMBANG DI KELAS VIII

ANGGARAINI, SINCIA and Putri, Ratu Ilma Indra (2022) KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DENGAN KONTEKS KAIN TENUN TAJUNG PALEMBANG DI KELAS VIII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (692kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181924002_0011086901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081181924002_0011086901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa di kelas VIII.1 SMP Negeri 59 Palembang dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan dengan konteks kain tenun tajung palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 59 Palembang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes tertulis yang yang terdiri dari dua soal materi pola bilangan dengan menggunakan konteks kain tenun tajung palembang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, siswa sudah menggunakan angka maupun symbol matematika dalam menyelesaikan permasalahan. Indikator pertama merupakan indikator yang memiliki persentase yang paling tinggi hal ini bearti indikator tersebut sering muncul. Siswa juga sudah memunculkan indikator kedua dari kemampuan numerasi hal tersebut dapat dilihat bahwa siswa mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk contohnya tabel. Indikator ini juga memiliki persentase yang tinggi. Sedangkan pada indikator menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan juga sudah cukup baik walaupun beberapa siswa masih ada yang kurang cermat dalam mengambil keputusan dan menarik kesimpulan. Indikator ketiga ini memiliki persentase yang paling kecil diantara kedua indikator yang lainnya. Dalam keseluruhan siswa sudah mampu memunculkan indikator kemampuan numerasi melalui jawaban yang telah mereka tulis sehingga dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menyelesaikan soal materi pola bilangan dengan menggunakan konteks kain tenun tajung palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Pola Bilangan, Kain tenun tajung
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Sincia Anggaraini
Date Deposited: 26 Jan 2023 05:29
Last Modified: 26 Jan 2023 05:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87784

Actions (login required)

View Item View Item