NUGRAHA, AKBAR ARDY and Wiyono, Ketang (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111281924056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_TURNITIN.pdf Download (5MB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (614kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (860kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (46kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111281924056_0022057904_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan e-modul berbasis STEM pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan e-modul ini dinilai oleh tiga ahli, yakni satu ahli dalam aspek materi, satu ahli dalam aspek desain dan bahasa serta satu ahli dalam aspek desain pembelajaran. Hasil uji validasi ahli e-modul pada tahap expert review didapat data aspek materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid, aspek desain dan bahasa sebesar 98,93% dengan kategori sangat valid, dan aspek desain pembelajaran sebesar 96,67% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap one to one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 90,84% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil penilaian rata-rata sebesar 92,06% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil data penelitian didapatkan bahwa e-modul berbasis STEM pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas X SMA telah valid dan praktis. Kata kunci: E-Modul, STEM, pemanasan global
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, STEM, pemanasan global |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics #1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Teaching Materials (Bahan Ajar) #1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Buku Ajar (Book) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Akbar Ardy Nugraha |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 04:37 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 04:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95405 |
Actions (login required)
View Item |