IMPLEMENTASI BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 6 RAMBUTAN

RANI, WINDRA TAMA and Asnimar, Asnimar and Pulungan, Marwan (2018) IMPLEMENTASI BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 6 RAMBUTAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06131381520061 _0003045602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 6 Rambutan melalui penerapan buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 siklus, setiap siklus melalui empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas I SD Negeri 6 Rambutan yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari rata-rata nilai peserta didik. Pada Siklus I nilai rata-ratanya sebesar 62, pada Siklus II meningkat menjadi 70, pada Siklus III meningkat menjadi 80, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 89. Dari hasil observasi, keaktifan peserta didik mengalami peningkatan yang terlihat dari rata-rata nilai aktivitas peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 75, pada Siklus II meningkat menjadi 82, pada Siklus III meningkat menjadi 84, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 87. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan serta aktivitas peserta didik kelas I SD Negeri 6 Rambutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi, keterampilan membaca dan menulis permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mr. Afrizal Aziz
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:40
Last Modified: 26 Jul 2019 08:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item