PENGARUH INTENSITAS ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA

SITORUS, JENNIFER OLIVIA and Malinda, Febrimarani (2025) PENGARUH INTENSITAS ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_cover.jpg]
Preview
Image
RAMA_69201_07021382126154_cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_turnitin.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_02.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_03.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_04.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_05.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_06.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_07_ref.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021382126154_0011028603_08_lamp.pdf] Text
RAMA_69201_07021382126154_0011028603_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (703kB) | Request a copy

Abstract

PENGARUH INTENSITAS ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA Endorsement selebgram merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang saat ini marak digunakan karena dinilai efektif dalam memengaruhi keputusan konsumen, khususnya generasi muda yang aktif di media sosial. Mahasiswi sebagai kelompok pengguna aktif media sosial sering kali terpapar konten promosi tersebut, sehingga berpotensi terdorong melakukan pembelian bukan semata karena kebutuhan, melainkan karena tren dan citra yang dibangun oleh selebgram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas endorsement selebgram terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif kausal melalui penyebaran kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara intensitas endorsement selebgram dan perilaku konsumtif. Hal ini menunjukkan bahwa selebgram tidak hanya berperan sebagai promotor produk, tetapi juga memiliki peran dalam membentuk perilaku konsumtif. Namun dalam temuan ini, endorsement selebgram bukanlah faktor utama dalam membentuk perilaku konsumtif mahasiswi, karena dalam hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 40,2% intensitas endorsement selebgram memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumtif, dan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang diluar penelitian, seperti kepribadian, kondisi ekonomi, pengaruh teman sebaya atau faktor psikologis lainnya. Kata Kunci: Instagram, Endorsement Selebgram, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Instagram, Endorsement Selebgram, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi.
Subjects: L Education > LF Individual institutions (Europe)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Jennifer Olivia Sitorus
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:09
Last Modified: 04 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/183625

Actions (login required)

View Item View Item