Bukti korespondensi: Pengembangan Aplikasi Berbasis Digital untuk Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Skala Rumah Tangga di Lahan Suboptimal

PRATAMA, RISKY NUR AULIA and Septiana, D.R. and Saputra, E and Fuadi, Nurul and Taqwa, Ferdinand Hukama (2020) Bukti korespondensi: Pengembangan Aplikasi Berbasis Digital untuk Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Skala Rumah Tangga di Lahan Suboptimal. Pusat Unggulan Riset Lahan Suboptimal, Universitas Sriwijaya, Palembang.

[thumbnail of Bukti korespondensi: Pengembangan Aplikasi Berbasis Digital untuk Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Skala Rumah Tangga di Lahan Suboptimal] Text (Bukti korespondensi: Pengembangan Aplikasi Berbasis Digital untuk Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Skala Rumah Tangga di Lahan Suboptimal)
00_bukti korespondensi aplikasi digital.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi aktual di Provinsi Sumatera Selatan menunjukkan masih banyak para pembudidaya ikan skala rumah tangga yang masih mengalami keterbatasan pengetahuan dalam proses rancangan sistem teknologi yang akan berdampak pada rendahnya produktivitas dan menyebabkan kerugian. Aplikasi smartphone berbasis digital AQDENPRO (Aquculture Design and Estimate Productivity) merupakan salah satu solusi perangkat lunak yang bertujuan untuk membantu para pembudidaya ikan skala rumah tangga agar meningkatkan produktivitas budidaya. Metode penelitian ini adalah wawancara dan perancangan aplikasi berbasis desain grafis. Mekanisme kerja aplikasi ini dengan penginputan data dan desain 3D. Pada fitur productivity estimate aplikasi akan melakukan perhitungan otomatis pada fitur kalkulasi yang dipilih sehingga mempunyai hasil akhir berupa data yang telah terkalkulasi pada masing-masing menu, dan fitur desain 3D dengan mekanisme memilih serta merakit desain kolam yang hasil akhirnya berupa gambar desain. Dengan hadirnya fitur tersebut akan membantu produktivitas budidaya perikanan terutama di lahan suboptimal.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54243-Aquaculture (S1)
Depositing User: Mr. Ferdinand Hukama Taqwa
Date Deposited: 14 May 2023 21:55
Last Modified: 14 May 2023 21:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/103012

Actions (login required)

View Item View Item