Lussetyowati, Tutur and ULFA, ALMIRA (2023) Sense of Place Pasar 16 Ilir Palembang (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)
Text
Similarity result of_Sense_of_Place_Pasar_16_ilir_Palembang.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK. Sense of place atau kesan tempat merupakan elemen penting yang dapat memperkuat hubungan antara pengguna dan tempat. Karakter tempat sangat berpengaruh terhadap bagaimana seseorang menilai sebuah tempat dan memaknainya. Pasar 16 Ilir, salah satu pasar lama di Kota Palembang, menjadi salah satu kawasan yang dari dulu hingga sekarang memiliki peran penting di kota Palembang. Namun saat, ini pasar tersebut mulai menghadapi banyak permasalahan, seperti masalah kemacetan dan bentuk fisik bangunan. Selain itu, interior bangunan menjadi kurang menarik. Hal-hal ini mempengaruhi sense of place dari Pasar 16 Ilir tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat sense of place Pasar 16 Ilir pada saat ini yang dipengaruhi beberapa aspek. Analisis akan mengacu pada beberapa aspek yang dapat menimbulkan adanya sense of place kepada pengguna tempat, yaitu: aktivitas (activity); makna (meaning); dan bentuk fisik (physical setting). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yang terdiri dari pengumpulan data lapangan dan wawancara terhadap pengelola, pedagang dan pengunjung. Data diolah menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sense of place Pasar 16 Ilir bukan hanya dibentuk oleh pasarnya saja, tetapi juga oleh kawasan di sekitarnya. Menariknya, justru kawasan sekitar pasar yang memiliki peran lebih besar dalam pembentukan sense of place tersebut. Kata kunci: palembang, pasar 16 ilir, sense of place, sungai musi ABSTRACT. A sense of place is an important element that can strengthen the relationship between the user and the place. The character of a place greatly influences how a person evaluates and interprets it. The 16 Ilir Market, one of Palembang's oldest markets, has played an important role in the city. But now, the market is starting to face many problems, such as congestion problems and the physical shape of the building. In addition, the interior of the building becomes less attractive. These factors influence the sense of place at 16 Ilir Market. The purpose of this research is to look at the current sense of place at Pasar 16 Ilir, which is influenced by several aspects. The analysis will refer to several aspects that can give rise to a sense of place for users, such as: activity; meaning; and physical setting. The method used is a qualitative research method, which consists of collecting field data and interviewing managers, merchants, and visitors. Then the data was processed using the descriptive analysis method. According to the study's findings, the sense of place in 16 Ilir Market is shaped not only by the market itself, but also by the surrounding area. Interestingly, the area around the market has a bigger role in creating the sense of place. Keywords: palembang, 16 ilir market, sense of place, musi river
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1) |
Depositing User: | Dr.Ir. Tutur Lussetyowati, MT |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 11:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 11:08 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/103438 |
Actions (login required)
View Item |