Cover, Daftar Isi, Dewan Redaksi dan Sertifikat_Identifikasi Pola Perumahan Rumah Sangat Sederhana di Kawasan Sematang Borang Kota Palembang

Triyuly, Wienty and Amalia, Fuji (2014) Cover, Daftar Isi, Dewan Redaksi dan Sertifikat_Identifikasi Pola Perumahan Rumah Sangat Sederhana di Kawasan Sematang Borang Kota Palembang. In: Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan 2014, 11-12 November 2014, Palembang.

[thumbnail of Temu Ilmiah 2014.pdf] Text
Temu Ilmiah 2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengadaan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah Kota Palembang dalam bentuk rumah sangat sederhana dilakukan oleh pemerintah, pengembang dan masyarakat dengan arah pengembangan perumahan ke arah pinggir kota. Salah satu arah pengembangan perumahan adalah kawasan Sematang Borang. Pengembangan perumahan ke arah kawasan Sematang Borang dilakukan dengan pembangunan perumahan pada lahan basah dengan kondisi sebagian adalah daerah rawa sehingga pengembang melakukan penimbunan terhadap lahan. Pengembangan perumahan pada lahan basah seharusnya memiliki karakteristik perumahan tersendiri sehingga dibutuhkan suatu tinjauan mengenai pola perumahan yang dibangun oleh pengembang pada lahan yang mengalami penimbunan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey lapangan dan wawancara langsung dengan pengembang serta masyarakat sekitar, lalu data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola perumahan yang dibangun pada daerah lahan basah yang mengalami penimbunan hampir sama berbentuk grid dengan pola perumahan konvensional karena pengolahan lahan yang membentuk pola perumahan dibuat berdasarkan pada prinsip efisiensi lahan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: ST,MT Wienty Triyuly
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:24
Last Modified: 26 Jun 2023 04:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109390

Actions (login required)

View Item View Item