ANALISIS GAP KRITIS DAN KINERJA LALU LINTAS (STUDI KASUS PADA U-TURN JALAN BASUKI RAHMAT DEPAN RUMAH MAKAN PAGI SORE PALEMBANG)

VRAYUDHA, RENGKI and Oemar S., Bakrie and Jatmiko, Wirawan (2011) ANALISIS GAP KRITIS DAN KINERJA LALU LINTAS (STUDI KASUS PADA U-TURN JALAN BASUKI RAHMAT DEPAN RUMAH MAKAN PAGI SORE PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03061001057.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_02.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_03.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_04.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_05.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (775kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03061001057_9900983165_9990521919_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Perputaran U atau yang sering disebut U-Turn merupakan suatu titik dimana kendaraan tersebut dapat berputar kembali.U-Turn mempunyai peranan yang sangat penting guna menjamin kelancaran arus lalulintas, hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar jalan raya terdapat U-Turn guna melancarkan arus lalulintas, tetapi pada kenyataannya di titik U-Turn sering terjadi kemacetan lalulintas diakibatkan terlalu banyaknya kendaraan yang berhenti sejenak untuk berputar kembali,sehingga menggangu kendaraan yang lain. Dari masalah yang ada di atas maka pokok permasalahan yang diperlukan untuk kajian adalah mengetahui berapa variasi gap kritis berdasarkan jenis kendaraan, dan berapa kinerja lalu lintas U-Turn yang terjadi di daerah jalan basuki rahmat depan RM Pagi Sore. Penelitian ini dilakukan di U-Tum jalan Basuki Rahmat depan RM Pagi Sore. Survei dilakukan pada jam puncak (peak hour) pagi, dan jam puncak (peak hour) sore menggunakan kamera video (handycam). Hari Senin,Rabu, dan hari Minggu. Analisis Kinerja menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.Analisis gap kritis menggunakan metode Raff. Analisis bertujuan untuk mengetahui kondisi arus lalulitas di U-Tum dan waktu gap kritis dari U-Tum yang dapat memasuki jalan major. Data diperoleh dari kombinasi antara pengukuran langsung di lapangan (geometrik jalan) dan hasil dari rekaman kamera video. Hasil analisis kinerja U-Tum terlihat dari derajat kejenuhan kurang dari 0,75 dan tundaan rata-rata kurang dari 15 detik/smp serta peluang antrian kurang dari 35% sehingga U-Tum jalan Basuki Rahmat depan Rumah Makan Pagi Sore sudah memenuhi fungsional yang diinginkan. Nilai gap kritis maksimal pada pagi hari untuk analisa sepeda motor didapati pada minggu pagi dengan nilai Gap/Lag kritis (tc) = 1,278 s, untuk analisa kendaraan ringan juga didapati pada minggu pagi dengan nilai Gap/Lag kritis (tc) = 1,057 s, sedangkan untuk analisa kendaraan berat juga didapati pada senin sore dengan nilai Gap/Lag kritis (tc) = 1,3 s. Dengan demikian perilaku pengemudi pada lalulintas yang lebih ramai tidak menunggu celah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arus lalu lintas, U-Turn Jalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE279.5-298 Pedestrian facilities
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:30
Last Modified: 12 Jun 2023 03:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109450

Actions (login required)

View Item View Item