PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET BILANGAN UNTUK SISWA SMP(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET BILANGAN UNTUK SISWA SMP(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Yusliriadi, Darmawijoyo, Somakim. (2015). PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET BILANGAN  UNTUK SISWA SMP. (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.] Text (Yusliriadi, Darmawijoyo, Somakim. (2015). PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET BILANGAN UNTUK SISWA SMP. (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya.)
j40 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan soal-soal open-ended yang valid dan praktis pada pokok bahasan barisan dan deret bilangan untuk siswa SMP; (2) untuk melihat efek potensial soal-soal open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan barisan dan deret bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walk through, untuk mengetahui validitas soal secara konten, konstruk, dan bahasa; dokumen pada small group untuk mengetahui kepraktisan soal; tes dan wawancara untuk mengetahui efek potensial soal terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal (6 soal) open-ended pokok bahasan barisan dan deret bilangan untuk siswa IX SMP yang valid dan praktis. (2) prototype soal open-ended yang dikembangkan memilki efek potensial yang positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, terlihat rata- rata nilai pemahaman konsep siswa yang baik pada tes soal open-ended mencapai 71,9%.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:34
Last Modified: 21 Jun 2023 03:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/110007

Actions (login required)

View Item View Item