Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera Selatan di Kelas IX SMP(plagiarism)

Darmawijoyo, Darmawijoyo (2023) Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera Selatan di Kelas IX SMP(plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Hazlita, S., Zulkardi., Darmawijoyo. (2014) Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera  Selatan di Kelas IX SMP (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya] Text (Hazlita, S., Zulkardi., Darmawijoyo. (2014) Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera Selatan di Kelas IX SMP (Plagiarism). Turnitin Universitas Sriwijaya)
j24 turnitin.pdf - Other
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektivan pembelajaran dengan metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah serupa PISA siswa pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dengan cara random sampling, diperoleh siswa kelas VII-I dan siswa kelas VII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan metode PMRI berbantuan alat peraga, sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode ekspositori. Data diperoleh dengan metode observasi untuk mengamati aktivitas belajar guru dan metode tes untuk me- nentukan hasil belajar siswa. Hasil penelitian adalah (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah serupa PISA kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan (3) skor rata-rata aktivitas guru kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki kategori baik.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Darmawijoyo Darmawijoyo
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:52
Last Modified: 21 Jun 2023 03:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/110057

Actions (login required)

View Item View Item