Similarity result of Teknologi Konstruksi Bongkar Pasang pada Hunian Masa Lampau Studi Kasus Ghumah Baghi

Ibnu, Iwan Muraman and Siswanto, Ari and Prihatmaji, Yulianto Puwono and Nugroho, Setyo (2023) Similarity result of Teknologi Konstruksi Bongkar Pasang pada Hunian Masa Lampau Studi Kasus Ghumah Baghi. Turnitin Universitas Swriwijaya, Palembang. (Submitted)

[thumbnail of Similarity result of  TEKNOLOGI KONSTRUKSI BONGKAR PASANG PADA HUNIAN MASA LAMPAU.pdf] Text
Similarity result of TEKNOLOGI KONSTRUKSI BONGKAR PASANG PADA HUNIAN MASA LAMPAU.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Suku Pasemah merupakan suku yang dominan di wilayah Dataran Tinggi Bukit Barisan bagian tengah selain suku Rejang dan Komering. Suku Pasemah memiliki peran yang penting dalam pembentukan suku-suku baru di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Ekspansi, perpindahan dan migrasi Suku Pasemah mempengaruhi disain arsitektur dan konstruksi huniannya (Ghumah Baghi). Sistem konstruksi Ghumah Baghi sistem konstruksi bongkar pasang (knock�down) sebagai solusi dari perpindahan pada Suku Pasemah. Konstruksi Knock-down merupakan konstruksi dengan produksi komponen di luar lokasi, dirakit di lokasi dan dapat dibongkar untuk digunakan kembali di lokasi lain (Widyowijatnoko and Aditra 2018). Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana teknologi konstruksi bongkar pasang pada Ghumah Baghi, dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan teknologi konstruksi bongkar pasang pada Ghumah Baghi dengan melakukan perbandingan antara data existing melalui pengukuran dan pengambaran 3 (tiga) dimensi konstruksi Ghumah Baghi dengan teori-teori yang berkaitan dengan sistem konstruksi bongkar pasang. Hasil kajian menunjukan sistem konstruksi Ghumah Baghi memenuhi beberapa kriteria sistem konstruksi bongkar pasang antara lain penggunaan komponen konstruksi dengan bentuk yang berulang dengan variasi ukuran yang minim dengan sistem sambungan yang sederhana berupa sambungan takik, letak, pasak dan ikat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem konstruksi Ghumah Baghi memenuhi kriteria sistem konstruksi bongkar pasang pada kesederhanaan sistem hubungan komponen dan termasuk dalam sistem Pre-cut System dimana kayu dipotong sesuai dengan kebutuhan kemudian dirangkai, sistem ini akan memudahkan mobilisasi komponen dan penggunaan komponen konstruksi dengan ukuran yang lebih akurat untuk mengurangi pemborosan material.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Bongkar Pasang, Ghumah Baghi
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: ST.MT Iwan Muraman Ibnu
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:50
Last Modified: 20 Jun 2023 06:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/111956

Actions (login required)

View Item View Item