LEVIANSYAH, ANDRE and Al Amin, M. Baitullah and Alia, Febrinasti (2018) KARAKTERISTIK ALIRAN MELALUI GORONG-GORONG TIPE PERSEGI DENGAN VARIASI TINGGI MUKA AIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Preview |
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (514kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (80kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381419176_ 0024018601 _07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pada sistem drainase terdapat dua macam bangunan air yaitu bangunan air yang terletak di atas dan di bawah permukaan tanah. Salah satu bangunan air yang terletak di bawah permukaan tanah adalah gorong-gorong. Gorong–gorong berfungsi mengalirkan air di bawah jalan sehingga tidak mengganggu aktivitas yang ada di atasnya. Gorong-gorong biasanya digunakan sebagai jembatan kecil karena ukuran konstruksinya yang lebih kecil dari pada jembatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur parameter aliran seperti; tinggi muka air, kecepatan aliran, tinggi kehilangan energi dan debit air yang melalui gorong-gorong berbentuk persegi yang dimodelkan di laboratorium dan program HEC-RAS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium didapatkan kecepatan aliran maksimum di hulu dan di hilir gorong-gorong sebesar 0,224 m/s dan 0,312 m/s dengan tinggi muka air maksimum di hulu dan di hilir gorong-gorong sebesar 0,29 m dan 0,24 m. Hasil tinggi kehilangan energi maksimum akibat gesekan (hf) dan akibat penyempitan (he) sebesar 0,0038 m dan 0,00168 m. Hasil debit aliran maksimum di hulu dan hilir gorong-gorong sebesar 0,0194 m/s3. Adapun berdasarkan hasil analisis menggunakan program HEC-RAS kecepatan aliran maksimum gorong-gorong sebesar 0,224 m/s. debit aliran maksimum goronggorong sebesar 0,0194 m/s3 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gorong-Gorong, Karakteristik Aliran, Simulasi HEC-RAS |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401-492 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials > TA401.A327 Materials science |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 05:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 05:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11280 |
Actions (login required)
View Item |