REFINA, TRIANDA and Koryati, Dewi and Deskoni, Deskoni (2018) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (491kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (61kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, dimana sampel diberikan lembar test yaitu pre-test dan post-test untuk membuktikan pengaruh dari variabel X (metode drill) dan Y (hasil belajar). Teknik analisis data berupa uji normalitas data dan uji linearitas regresi. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t test sampel related. Dapat dianalisis bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan metode drill pada kelas eksperimen terdapat perbedaan, untuk pre-test dengan nilai rerata 42 sedangkan untuk nilai post-test dengan rerata sebesar 83,8. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t test sampel related diperoleh nilai thitung = 20,59 > ttabel = 1,685 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian uji korelasi product moment didapat nilai r = 0,749. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Diharapkan bagi pendidik dalam menerapkan metode Drill dapat mem- bimbing aktivitas peserta didik saat memberikan latihan soal serta merencanakan waktu yang diperlukan dalam menerapkan metode Drill.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 02:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 02:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11978 |
Actions (login required)
View Item |