Artikel Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan

Mardetini, Edutivia and Hasmidyani, Dwi and Amrina, Dian Eka (2023) Artikel Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7 (1). pp. 34-43. ISSN 2580-2690 (Printed ISSN) 2615-3025 (e-ISSN)

[thumbnail of Artikel Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan] Text (Artikel Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan)
4+11045_Edutivia+Madetini_Dwi+Hasmidyani_Dian+Eka+Amrina+Universitas+Sriwijaya.pdf - Published Version

Download (423kB)

Abstract

Pengetahuan awal mempunyai peran penting karena merupakan modal peserta didik dalam aktivitas pembelajarandan wahana terjadinya proses negosiasi makna antara pendidik dan peserta didik berkaitan dengan materi pembelajaran. Pengetahuan awal berperan penting untuk peserta didik sebelum proses pembelajaran. Pengetahuanawaljuga berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengaruh pengetahuan awal pajak terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan. Jenis penelitianyaitu penelitian deskriptifdenganpopulasinya seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Sampel penelitian36 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah akuntansi perpajakan. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes. Diperoleh persamaan regresi Ytotal= 85,212 + 0,005X1+e1. Koefisien regresi untuk pengetahuan awal bernilai positif yang berarti bahwa pengetahuan awal perpajakan berpengaruh positif terhadap hasil belajardengan nilai Fhitung<Ftabel(0,561<2,28), yang berarti bahwa model regresi dalam penelitianini tidak dapat digunakan untuk membuat kesimpulan. Hipotesis dalam penelitian ini ditolak artinya pengetahuan awal tidak berpengaruh terhadap hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Dian Eka Amrina
Date Deposited: 25 Jul 2023 23:59
Last Modified: 25 Jul 2023 23:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/120054

Actions (login required)

View Item View Item