INDAH, INDAH and Araiku, Jeri (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KOMBINATORIAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBUKTIAN KOEFISIEN BINOMIAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081281924072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (148kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281924072_0014019103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kombinatorial berperan penting dalam memecahkan masalah matematika. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan ini yang menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan masalah kombinatorik, yaitu pembuktian koefisien binomial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kombinatorial mahasiswa calon guru matematika dalam pembuktian koefisien binomial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya Tahun Ajaran 2021/2022 dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) Tahap Persiapan dan Perencanaan; 2) Tahap Pelaksanaan; 3) Tahap Analisis Data; 4) Tahap Akhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kombinatorial mahasiswa dalam pembuktian koefisien binomial tergolong cukup baik. Namun terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam menyelesaikan masalah pembuktian koefisien binomial, yaitu : (1) Mahasiswa kurang memahami masalah yang diberikan; (2) Mahasiswa tidak dapat menentukan teorema yang tepat untuk menyelesaikan masalah; (3) Mahasiswa menggunakan contoh tertentu pada saat akan membuktikan soal pembuktian koefisien binomial; (4) Mahasiswa kurang memahami apa yang dimaksud dari soal; (5) Mahasiswa tidak menuliskan proses perhitungan karena keterbatasan waktu pengerjaan; (6) Mahasiswa kurang yakin dengan hasil kerjanya karena keterbatasan waktu pengerjaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kombinatorial, Kombinatorika, Pembuktian, Teorema Koefisien Binomial |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Indah Indah |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:28 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/121311 |
Actions (login required)
View Item |