DANIATY, ULFA and Anwar, Yenny (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84205_06091281924072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (390kB) |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_06_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (168kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281924072_0014107901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis pilihan ganda (pretest & posttest), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik. Data hasil kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan uji Independent sample t-test pada program SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan video animasi meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai gain 41,43 dan n gain 0,64 kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.sehingga menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan video animasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada materi sistem pencernaan di SMA Negeri 1 Lahat. Keterlaksanaan pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Respon peserta didik termasuk kategori sangat baik dan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, video animasi, berpikir kritis, sistem pencernaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Ulfa Daniaty |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:33 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/122273 |
Actions (login required)
View Item |