Corespondence author_Pelatihan Penggunaan Air Track Sebagai Media Pembelajaran bagi Guru-guru Fisika di MGMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan

Murniati, Murniati (2023) Corespondence author_Pelatihan Penggunaan Air Track Sebagai Media Pembelajaran bagi Guru-guru Fisika di MGMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Journal of Sriwijaya Community Services on Education (JSCSE).

[thumbnail of Pelatihan Penggunaan Air Track.pdf] Text
Pelatihan Penggunaan Air Track.pdf

Download (410kB)

Abstract

Telah dilakukan pelatihan penggunaan Air track sebagai media pembelajaran bagi guru- guru fisika di MGMP kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Pelatihan dilakukan secara hybrid learning yang diikuti oleh 12 orang guru secara luring dan 11 orang secara daring yang bertujuan untuk membantu guru-guru menggunakan air track sebagai alat eksperimen untuk mengajarkan konsep gerak tanpa gaya gesek. Beberapa topik kegiatan eksperimen dengan air track antara lain kecepatan sesaat, kecepatan rata-rata, gerak lurus, hukum newton II, hukum kekekalan momentum, hukum kekekalan energi kinetik dan gerak harmonik sederhana. Metode pelatihan menggunakan metode workshop dengan metode demonstrasi, praktikum, presentasi, diskusi serta pembuatan LKPD praktikum air track. Metode praktikum yaitu di mana peserta pelatihan diajak mencoba dan mengamati serta mengumpulkan data dan menganalisa , kemudian hasilnya dikomunikasikan dalam pelatihan dan dievaluasi oleh pelatih. Confucius (dalam Silberman,2006) menyatakan bahwa “what I do, I understand”, apa yang saya lakukan, saya paham. Artinya ketika seorang guru banyak memberikan aktivitas yang bersifat keterampilan, maka anak didik akan memahaminya secara lebih baik dan itu hanya dapat diperoleh antara lain melalui praktikum. Hasil yang diperoleh dari pelatihan bahwa peserta dapat menyelesaikan lebih dari 80 % topik praktikum menggunakan air track sudah mencapai target. Peningkatan kemampuan peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan sudah mencapai lebih 75 % karena memperoleh nilai N-gaian sedang dan tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretes dan postes yang dikumpulkan oleh peserta. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa kemampuan guru setelah melewati tahapan pelatihan, berdampak secara langsung bagi guru.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Murniati Murniati
Date Deposited: 11 Dec 2023 23:29
Last Modified: 11 Dec 2023 23:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/122982

Actions (login required)

View Item View Item