Corespondence author of_Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ekonomi melalui Model PjBL di SMAN 13 Palembang

Puspitasari, Erica Fifi and Sukmawati, Neli and Fatimah, Siti (2023) Corespondence author of_Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ekonomi melalui Model PjBL di SMAN 13 Palembang. UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[thumbnail of 6+11893_Erica+Fifi+Puspitasari1,+Neli+Sukmawati2,+Siti+Fatimah+UNIVERSITAS+SRIWIJAYA.pdf] Text
6+11893_Erica+Fifi+Puspitasari1,+Neli+Sukmawati2,+Siti+Fatimah+UNIVERSITAS+SRIWIJAYA.pdf

Download (509kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian iniuntuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas X5 pada pembelajaran ekonomi melalui model pembelajaran project based learning di SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023 dengan subjek penelitian kelas X5 berjumlah 38 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas mencakupperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang bersifat siklus. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan rerata keaktifan belajar sebesar 36,8% dari awalnya rerata siklus I sebesar 49,8% kategori penilaian rendah menjadi 86,6% pada siklus III yang memilikikategori penilaian tinggi. Disarankan pendidik memberikan dorongan positif dan kesempatan peserta didik untuk membiasakanberbicara di depan kelas sehingga peserta didik lebih berani dalam mengemukakan pendapat yangg diharapkan mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik lebih optimal.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 16 Aug 2023 13:07
Last Modified: 16 Aug 2023 13:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/124790

Actions (login required)

View Item View Item