PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR

Sani, Safitri (2023) PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6 (1). pp. 1-9. ISSN 2614-7939

[thumbnail of JURNAL_PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER  ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS  KABUPATEN OGAN ILIR] Text (JURNAL_PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR)
jurnal pengabdian JPPM UNRAM 2023.pdf

Download (207kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi mayoritas guru masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bagaimana merancang pembelajaran yang berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan analisis situasi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode dan bentuk kegiatan pengabdian berupa pendampingan dengan 3 langkah kegiatan yaitu; (1) pelatihan terbimbing peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS, (2) simulasi pembuatan desain pembelajaran berorientasi HOTS, (3) observasi dan evaluasi produk desain pembelajaran berorientasi HOTS. Adapun kesimpulan dari kegiatan ini ialah terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS yang ditandai hal sebagai berikut: (1), guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang rancangan pembelajaran berorientasi HOTS. Perbandingan hasil pre test an post test menunjukkan peningkatan yang signifikan, (2) guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mampu membuat desain pembelajaran berorientasi HOTS yang diawali dengan analisis KD, menentukan target pengetahuan dan keterampilan, merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang berorientasi HOTS, dan menuliskan langkah- langkah pembelajaran yang didalamnya tergambar aktivitas yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) (3) guru-guru MGMP IPS peserta pelatihan sudah mampu membuat soal berorientasi HOTS. Kata kunci: desain pembelajaran, HOTS

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Reviewer of Journal/Conference
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 07 Sep 2023 22:46
Last Modified: 07 Sep 2023 22:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/124831

Actions (login required)

View Item View Item