DAMPAK POTENSIAL IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

Alfiandra, Alfiandra and Sani, Safitri (2023) DAMPAK POTENSIAL IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP. Jurnal Civic Hukum, 8 (1). pp. 117-136. ISSN 2623-0224

[thumbnail of JURNAL_DAMPAK POTENSIAL IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP] Text (JURNAL_DAMPAK POTENSIAL IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP)
jurnal civic hukum.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui dampak potensial yang ditimbulkan dari pengimplementasian buku ajar mata kuliah Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa di Program Studi PPKn FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil belajar dilihat dari hasil test, sedangkan kemampuan berfikir kritis dilihat dari hasil obeservasi terhadap kemampuan mengidentifikasi, mendefinisikan mengeksplorasi, dan mengintegrasikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata rata hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan setelah menggunakan buku ajar berbasis PBL dengan nilai post test sebesar 62.89 meningkat menjadi 87.63 pada saat post test dengan selisih nilai 24.74 poin. Hasil observasi terhadap kemampuan berfikir kritis mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan buku ajar PKLH berbasis PBL menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan berfikir kritis yaitu dari 70.04 menjadi 90.80 dengan nilai n gain sebesar 0.69 (kategori tinggi). Kata Kunci: Buku Ajar; Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup; Problem Based Learning; Berfikir Kritis

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Reviewer of Journal/Conference
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 07 Sep 2023 22:45
Last Modified: 07 Sep 2023 22:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/124837

Actions (login required)

View Item View Item