MUKHOLIS, MUKHOLIS and Hartono, Hartono and Effendi, Effendi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (821kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (377kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (262kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (95kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06121410004_0017106703_0006106003_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar kimia kelas XI IPA SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu dalam bentuk kuasi eksperimen. dengan ini “pretest-posttest control group design”. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Tes hasil belajar kimia siswa diukur dengan pemberian pretest dan posttest, dengan rata-rata hasil belajar pada nilai postest 78,72 untuk kelas eksperimen dan 72,61 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test. Jika harga thitung ≥ ttabel dengan α = 5% dan dk = (n1+n2) – 2 maka H0 ditolak, Jika harga thitung ≤ ttabel dengan α = 5% dan dk = (n1+n2) – 2 maka H0 diterima. Hasil analisis uji hipotesis didapatkan thitung 2,996 > ttabel 1,998 yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar karena pengaruh model pembelajaran POE. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) pada pokok bahasan dan sampel yang berbeda serta menjadikan sebagai acuan dalam penelitian yang relevan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Predict-Observe-Explain (POE), hail belajar, hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 06:47 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 06:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/12506 |
Actions (login required)
View Item |