PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA SUHU DAN KALOR TERHADAP KOHESIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 INDRALAYA

SEPTIYADI, RIZKI and Yosef, Yosef (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA SUHU DAN KALOR TERHADAP KOHESIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131281924022_0711415810_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06131281924022_0711415810_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis masalah pada pembelajaran subtema suhu dan kalor terhadap kohesivitas dan hasil belajar peserta didik SD Negeri 05 Indralaya, serta hubungan kohesivitas dan hasil belajar sebagai dampak dari penggunaan LKPD berbasis masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis rancangan Pre-Eksperimental Desaign. Desain yang digunakan One Group Pre-Post Tes Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Negeri 05 Indralaya yang berjumlah 37 orang yaitu terdiri dari 19 laki-laki dan 18 perempuan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa perhitungan t-test diperoleh nilai thitung = 12,31 > ttabel = 2,026, maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lkpd berbasis masalah pada pembelajaran subtema suhu dan kalor terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 05 Indralaya. Berdasarkan analisis terhadap data hasil angket kohesivitas menunjukan bahwa persentase terbesar terdapat pada pada kategori sedang 37,8%. Hubungan antara hasil belajar dan kohesivitas peserta didik ditunjukan dengan nilai korelasi rhitung sebesar 0,718 yang bernilai positif dan berada pada interval yang berkategori kuat. Nilai korelasi tersebut juga menunjukkan adanya korelasi yang signifikan terlihat rhitung lebih besar dari rtabel.diketahui rhitung = 0,718 > rtabel = 0,325 sehingga didapatkan hasil akhir Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kohesivitas dan hasil belajar peserta didik sebagai dampak dari penggunaan LKPD berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis masalah, hasil belajar, kohesivitas
Subjects: L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks
L Education > L Education (General) > L107 Congresses
L Education > L Education (General) > L111-791 Official documents, reports, etc.
L Education > L Education (General) > L7-97 Periodicals. Societies
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > L Education (General) > L797-898 Educational exhibitions and museums
L Education > L Education (General) > L899 School fairs
L Education > L Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Rizki Septiyadi
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:32
Last Modified: 08 Aug 2023 01:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126177

Actions (login required)

View Item View Item