SARI, SHINTA MEIDYA and Waluyati, Sri Artati (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP TRI DHARMA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Universitas sriwijaya.
Text
RAMA_87205_06051281924017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (846kB) |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (454kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (610kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06051281924017_0015116901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Tri Dharma Palembang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 61 orang orang yang terdiri dari dua kelas yaitu IX. A dan IX. C yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penjabaran dan penjelasan data yang sudah di dapatkan sebelumnya tentang Problem Based Learning (PBL) yang digunakan didalam kelas sampel, dapat dilihat bahwa pembelajaran ini memiliki pengaruh yang cukup potensial untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dibuktikan dari data sampel yang memiliki rata – rata sebesar 475 dengan persentase sebesar (72,5%). Rata – rata tersebut termasuk dalam kategori peringkat tinggi yang interpretasinya berada pada ≥62,5%. Kata kunci : Media pembelajaran, problem based learning, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Media pembelajaran, problem based learning, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Shinta Meidya Sari |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126412 |
Actions (login required)
View Item |