HAKIM, KM. AKHIRUDDIN and Fikri Astira, Imron (2007) APLIKASI PROGRAM KOMPUTER UNTUK PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN VARIASI SEGMENTAL DAN MENERUS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03033110119.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (53MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (653kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (455kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03033110119_9990257108_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem jalan raya di Indonesia perlu dikembangkan serta dipelihara dengan baik. Sejalan dengan kenaikan jumlah dan berat kendaraan di Indonesia serta perlunya pengembangan jalan di daerah terpencil maupun daerah yang secara ekonomi berpotensi untuk berkembang. Untuk itu diperlukan perencanaan dan pemilihan sistem jalan yang baik. Perencanaan konstruksi jalan dengan sistem perkerasan kaku (rigid pavement) dewasa ini tengah berkembang dan sangat potensial untuk diterapkan di daerah-daerah khususnya Sumatera Selatan. Adanya sistem perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) cukup membantu pihak yang berkecimpung dalam dunia konstruksi jalan. Namun pada perencanaannya terkadang hasil yang didapat tidak memenuhi persyaratan untuk diterapkan di lapangan sehingga harus dilakukan perencanaan awal. Perencanaan yang dilakukan secara berulang-ulang dapat menyita banyak waktu akibatnya efisiensi dan efektifitas kerja menjadi berkurang. Berdasarkan hal tersebut di atas, dengan memanfaatkan teknologi yang ada maka Penulis mencoba membuat suatu pemodelan dengan aplikasi program komputer. Dalam laporan ini aplikasi program komputer yang dipakai adalah Program Matlab dengan ruang lingkup penulisan terbatas pada perencanaan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement) dengan beberapa variasi secara segment dan menerus untuk mendapatkan tebal pelat rencana yang efektif dengan tulangan. Sehingga diharapkan program ini nantinya dapat membantu meningkatkan efisiensi dan keakuratan hasil dalam perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) karena dapat dilakukan secara berulang kali dengan berbagai variasi segment dalam waktu yang singkat. Pemodelan dibuat dengan langkah-langkah sesuai sistem perencanaan perkerasan beton semen. Kemudian langkah-langkah yang memuat perumusan dan formula perhitungan perencanaan diterjemahkan dalam bentuk bahasa komputer pada program Matlab. Sehingga Pembaca diharapkan dapat mendisain tebal perkerasan beton semen dengan cara menginput data-data yang diperlukan dalam perencanaan perkerasan beton pada program ini. Pada penulisan ini dengan memasukkan data-data simulasi yang ada seperti data Lalulintas Harian Rata-rata (LHR), data tanah, repetisi sumbu rencana dan data-data pendukung lainnya, perencanaan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement) dengan beberapa variasi secara segment dan menerus dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Dan hasil yang diperoleh dalam pemodelan ini dapat dikatakan bahwa tebal pelat rencana dapat ditentukan dari hasil analisa fatik dan analisa memerlukan data-data Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) dan repetisi sumbu rencana. Kata kunci : jalan raya, rigid pavement, program matlab, beton semen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jalan raya, rigid pavement, program matlab, beton semen |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Engineering design |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:11 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:11 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/126921 |
Actions (login required)
View Item |