ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN RUTE ANGKUTAN KERJA PADA KAWASAN PINGGIRAN KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHI PROSESS (AHP)

PASAYU, DELIANSYAH and Jatmiko, Wirawan and Agustien, Melawaty (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN RUTE ANGKUTAN KERJA PADA KAWASAN PINGGIRAN KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHI PROSESS (AHP). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_53061001014.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_02.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_03.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_04.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_05.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_53061001014_9990521919_0015087403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (63MB) | Request a copy

Abstract

Kota Palembang merupakan suatu kota yang memiliki tingkat pertumbuhan ruang yang cukup tinggi. Kota Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu kota metropolitan dengan jumlah penduduk pada mencapai 1.417.047 jiwa pada tahun 2008 dengan persentase pertumbuhan penduduk 1,56 % dan sebelumnya yang berjumlah 1.394.047 jiwa (Palembang Dalam Angka 2009). Laju pertumbuhan ini menyebar pada kawasan perumahan dengan luas area sebesar 701,81 Ha (BPN Kota Palembang 2008). Selain itu laju pertumbuhan moda angkutan keija di Kota Palembang pada tahun 2007 mengalami peningkatan 9,27 % dari sebelumnya 322.751 unit dengan nilai perbandingan beban arus dan pelayanan V/C yang tertinggi terlihat pada jalan Mayjen. H. M. Ryacudu (Ampera) dengan V/C 1,70 (Farah Kumiawati, 2010). Permasalahan yang terdapat pada jalan Mayjen. H. M. Ryacudu (Ampera) yaitu masyarakat kota Palembang yang berada pada daerah seberang ulu menggunakan jalan tersebut sebagai jalan utama untuk akses ke pusat kota sehingga ruas jalan mengalami kemacetan dan beban arus yang tertinggi di kota Palembang. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian ini akan dilakukan analisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam pemilihan rute untuk me/akukan aktivitas bekerja khususnya masyarakat kawasan pinggiran yang mempunyai jarak perjalanan yang lebih jauh dan waktu yang lama untuk menuju tempat bekerja. Dalam penelitian ini pemilihan rute dapat ditentukan dengan menggunakan metode AHP (Ancdytic Hiercirchy Process). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan rute angkutan kerja seperti kriteria faktor waktu perjalanan, biaya transportasi, angkutan umum, keselamatan, kemacetan antara lain zona l dengan alternatif rute JI.Kol.H.Burlian sebesar 73,02 % yang berada pada kecamatan sukarame dan kecamatan alang-alang lebar, zona 2 dengan alternatif rute Jl. Angkatan 45 sebesar 43,60 % yang berada pada kecamatan ilir barat 1, zona 3 dengan alternatif rute Jl.GBA.Bastari sebesar 47,75 % yang berada pada kecamatan seberang ulu 1 dan kecamatan plaju darat, zona 4 dengan alternatif rute JI.AKBP.Cek Agus sebesar 41,80 % yang berada pada kecamatan sako dan kecamatan sematang borang, zona 5 dengan alternatif rute Jl.Alamsyah Ratu Perwiranegara sebesar 67,55 % yang berada pada kecamatan gandus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analytic Hierarchi Prosess (AHP), moda transportasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:23
Last Modified: 22 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/129983

Actions (login required)

View Item View Item