PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS: AKUN BROSISSUKA)

NABILAH, ANNISA and Ibrahim, Ali (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS: AKUN BROSISSUKA). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (923kB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031281924039_0021078402_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031281924039_0021078402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era teknologi ini banyak pengusaha umkm contohnya Brosissuka menggunakan social media khususnya instagram untuk memasarkan produk mereka. Instagram juga memungkinkan konsumen memberikan ulasan produk melalui fitur story yang dapat ditambahkan ke sorotan oleh pemilik usaha. Namun belum diketahui apakah pemasaran media sosial dengan instagram dan online customer review di sorotan cerita pada akun brosissuka dapat menarik minat beli para konsumen. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah social media marketing instagram dan online customer review berpengaruh terhadap minat beli konsumen agar nantinya dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan penjualan pada pengusaha umkm. Penelitian ini melibatkan 150 responden yang merupakan followers akun brosissuka dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan survey. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan metode kuisioner melalui google form. Metode Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) digunakan untuk teknik analisis data dengan outer model untuk pengujian instrumen dan inner model untuk pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli karena hasil pada uji path coefficient memiliki nilai 0,000 < 0,005 dan nilai t-statistik 10.553 > 1,96 sedangkan online customer review tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli karena nilai path coefficient sebesar 0,346 > 0,005 dan nilai t-statistik sebesar 0,942 < 1,96.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Social media marketing, Online Customer Review, Minat Beli, Instagram, SEMPLS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology > T58.5 General works Management information systems Cf. HD30.213 Industrial management Cf. HF5549.5.C6+ Communication in personnel management Cf. TS158.6 Automatic data collection systems (Production control)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Annisa Nabilah
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:20
Last Modified: 24 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/130990

Actions (login required)

View Item View Item