FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TERHADAP PEMBELAJARAN HYBRID

ASYROF, MUHAMMAD and Siahaan, Sardianto Markos (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TERHADAP PEMBELAJARAN HYBRID. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (597kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381924044_0028066702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111381924044_0028066702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dengan majunya ilmu di bidang informasi dan teknologi yang mendorong munculnya berbagai inovasi di bidang pendidikan, salah satu inovasi yang dilahirkan adalah pembelajaran hybrid yang ada untuk mengatasi permasalahan pada metode belajar tradisional. Pembelajaran hybrid sendiri juga sudah banyak diterapkan di Indonesia, terutama pada tingkat perguruan tinggi, salah satunya ialah di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Namun, karena pembelajaran hybrid sendiri merupakan hal yang baru di Universitas Sriwijaya, dan belum banyak diteliti, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana sikap Mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran hybrid. Penelitian ini dilakukan kepada 45 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya yang telah mengikuti kegiatan pembelajaran hybrid pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 melalui enam faktor pembelajaran yang mempengaruhi sikap terhadap pembelajaran hybrid, yaitu: fleksibilitas belajar, pembelajaran online, manajemen studi, teknologi, interaksi online, dan pembelajaran di kelas. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri mendukung kegiatan pembelajaran hybrid melaui 6 (enam) indikator sikap terhadap pembelajaran hybrid. Didapatkan kesimpulan bahwa mahasiswa mendukung kegiatan pembelajaran hybrid yang dilaksanakan di Program studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri yang diperoleh melalui 6 (enam) indikator sikap terhadap pembelajaran hybrid yaitu, fleksibilitas belajar diperoleh mean 4,33 (tinggi), pembelajaran online diperoleh mean 2,78 (sedang), manajemen studi diperoleh mean 3,42 (sedang), teknologi diperoleh mean 4,1 (tinggi), pembelajaran di kelas diperoleh mean 4,23 (tinggi), dan interaksi online diperoleh mean 3,91 (tinggi). Kata Kunci: Pembelajaran Hybrid, Sikap Mahasiswa, Fleksibilitas belajar, Pembelajaran online, Manajemen studi, Teknologi, Interaksi online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Hybrid, Sikap Mahasiswa, Fleksibilitas belajar, Pembelajaran online, Manajemen studi, Teknologi, Interaksi online.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Muhammad Asyrof
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:42
Last Modified: 28 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/131193

Actions (login required)

View Item View Item