FAHRIZAL, ANDIKA and Masri, R.H.M Ali and Mulyani, Sri Rarasati (2018) PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (479kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (439kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (226kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002044_ 0005036803_ 0001105603 _07.lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Reciprocal Teaching terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII 6 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan teknik Reciprocal Teaching sedangkan kelas VIII 5 berjumlah 31 siswa mendapat perlakuan dengan teknik konvensional. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan memahami siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan teknik Reciprocal Teaching dan siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan teknik Konvensional. Nilai rata-rata tes awal kemampuan membaca pemahaman siswa kelas eksperimen 55,24 dan siswa kelas kontrol 39,54. Pada tes awal tersebut, nilai siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata di bawah KKM yaitu di bawah 78. Nilai rata-rata tes akhir membaca pemahaman siswa kelas eksperimen 80,85 dan siswa kelas kontrol 64,16. Siswa yang mencapai standar ketuntasan pada kelas eksperimen sebanyak 25 siswa atau 80,85% dan pada kelas kontrol sebanyak 4 siswa atau 12,90%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang pada kelas eksperimen. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa t hit > t tab atau 6,886 > 1,671 dengan df = 60 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Dengan demikian, dari hasil penelitian membuktikan bahwa teknik Reciprocal Teaching memiliki pengaruh dalam kemampuan memahami teks eksposisi di SMP Negeri 10.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca pemahaman, teknik RECIPROCAL |
Subjects: | P Language and Literature > PJ Oriental languages and literatures > PJ1111-1446 Language |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Sri Astuti |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 08:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 08:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |