DAMPAK PERKULIAHAN DARING DENGAN MEDIA E-LEARNING UNSRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSRI

YUNAIZA, QUIEN DWI and Pasaribu, Abidin (2023) DAMPAK PERKULIAHAN DARING DENGAN MEDIA E-LEARNING UNSRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSRI. Undergraduate thesis, Sriwijaya Universitiy.

[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (743kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381722048_0002026002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111381722048_0002026002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Perkuliahan daring merupakan suatu metode yang berbasis elektronik yang dilakukan dengan jarak jauh agar memudahkan mahasiswa mencari berbagai informasi dan materi pembelajaran yang dibutuhkan untuk menunjang berlangsungnya pembelajaran. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang harus dimiliki mahasiswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran selama perkuliahan, mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi memiliki keinginan untuk memperoleh hasil yang terbaik sehingga tujuan dari pembelajaran dalam perkuliahan tersebut dapat terwujud. Peneliyian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNSRI saat perkuliahan daring dengan media e-learning UNSRI. Penelitian ini menggunakan desai penelitian cross-sectional. Responden dalam penelitian menggunakan mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNSRI 2019-2020 sebanyak 120 orang. Penilitian ini menggunakan analisis uju chi –square pada aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam perkuliahan daring dinyatakan dalam kategori efektif sebanyak 90 orang mahasiswa (74,6%) dan yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 85 orang mahasiswa (71,5%). Hasil uji analisis dari kedua variabel didapat hasil p-value (0,012)<α (0,05) yang artinya terdapat pengaruh perkuliahan daring dengan media e-learning UNSRI terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNSRI. Diharapkan bagi mahasiswa dapat mempertahankan motivasi belajar mereka, dan bagi pendidikan fisika dapat mengembangkan metode pembelajaran daring yang lebih efektif untuk lebih meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: Perkuliahan Daring, Motivasi Belajar, E-learning, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkuliahan Daring, Motivasi Belajar, E-learning, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Quien Dwi Yunaiza
Date Deposited: 06 Jan 2024 05:23
Last Modified: 06 Jan 2024 05:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137606

Actions (login required)

View Item View Item