MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI HUKUM NEWTON

MELATI, PEGI and Syuhendri, Syuhendri (2023) MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (876kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111282025024_0017116801_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan persentase miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik di SMA PGRI 1 Palembang pada materi Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA PGRI 1 Palembang berjumlah 37 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan four tier diagnostik test yang terdiri dari 10 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabel interpretasi hasil tes diagnostic four tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 50,3% peserta didik mengalami miskonsepsi yang dikategorikan dalam kategori miskonsepsi sedang. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep gaya berat sebesar 64,9% yang termasuk dalam miskonsepsi kategori dominan. Sedangkan miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep Hukum III Newton sebesar 27% yang termasuk dalam miskonsepsi kategori kurang dominan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik SMA PGRI 1 Palembang pada materi Hukum Newton serta dapat menjadi saran penelitian lanjutan untuk mengetahui penyebab miskonsepsi dan upaya meremediasi miskonsepsi tersebut. Kata kunci : Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Hukum Newton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Physics, Hukum Newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2371-2372 Graduate education
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Pegi Melati
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:23
Last Modified: 09 Jan 2024 01:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137711

Actions (login required)

View Item View Item