MELATI, PEGI and Syuhendri, Syuhendri (2023) MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111282025024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (876kB) |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (224kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (268kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111282025024_0017116801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan persentase miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik di SMA PGRI 1 Palembang pada materi Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA PGRI 1 Palembang berjumlah 37 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan four tier diagnostik test yang terdiri dari 10 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabel interpretasi hasil tes diagnostic four tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 50,3% peserta didik mengalami miskonsepsi yang dikategorikan dalam kategori miskonsepsi sedang. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep gaya berat sebesar 64,9% yang termasuk dalam miskonsepsi kategori dominan. Sedangkan miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep Hukum III Newton sebesar 27% yang termasuk dalam miskonsepsi kategori kurang dominan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik SMA PGRI 1 Palembang pada materi Hukum Newton serta dapat menjadi saran penelitian lanjutan untuk mengetahui penyebab miskonsepsi dan upaya meremediasi miskonsepsi tersebut. Kata kunci : Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Hukum Newton
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Physics, Hukum Newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2371-2372 Graduate education Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Pegi Melati |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 01:23 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 01:23 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/137711 |
Actions (login required)
View Item |