IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA FKIP FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI FLUIDA STATIS

NINGSIH, NUR JULIA and Sudirman, Sudirman (2024) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA FKIP FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_05.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181823066_008066802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111181823066_008066802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami mahasiswa pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan terhadap 33 mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes berupa tes diagnostik empat tingkat (four-tier diagnostic test) kepada subjek penelitian dan wawancara. Four-Tier Diagnostic Test merupakan tes diagnostik berupa soal pilihan ganda empat tingkat yang berisikan jawaban dan alasan, serta tingkat keyakinannya yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada materi fluida statis termasuk ke dalam kategori sedang, dimana dibandingkan dengan persentase kategori konsepsi yang lain miskonsepsi berada di persentase tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa miskonsepsi masih menjadi salah satu masalah yang harus segera diatasi, agar calon pendidik tidak membawa konsep yang salah. Adapun urutan sub konsep yang teridentifikasi miskonsepsi dari yang memiliki persentase tertinggi yaitu: Tekanan Hidrostatis (44,24%), Hukum Pascal (33,3%), dan Hukum Archimedes (26,76%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fluida Statis, Four-Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: NUR JULIA NINGSIH
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:16
Last Modified: 30 Jan 2024 05:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/140402

Actions (login required)

View Item View Item