RE-DESIGN PARAMETER TALPAC PADA MINING OPERATION DIVISION (MOD) UNTUK PERENCANAAN PENGANGKUTAN DUMPTRUCK LIEBHERR T282B BERDASARKAN KECEPATAN DAN ROLLING RESISTANCE DI PET BENDILI, DEPARTEMEN BINTANG, PT KALTIM PRIMA COAL

PRAYITNO, YOGI and Handayani, Rr. Harminuke Eko and Bochori, Bochori (2013) RE-DESIGN PARAMETER TALPAC PADA MINING OPERATION DIVISION (MOD) UNTUK PERENCANAAN PENGANGKUTAN DUMPTRUCK LIEBHERR T282B BERDASARKAN KECEPATAN DAN ROLLING RESISTANCE DI PET BENDILI, DEPARTEMEN BINTANG, PT KALTIM PRIMA COAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03081002057.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_02.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_03.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_04.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_05.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (769kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03081002057_0009026905_0025107401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pada kegiatan pengangkutan overburden di pit Bendili, PT Kaltim Prima Coal, faktor cycle time dumptruck merupakan hal paling penting untuk diperhitungkan. Mining Operation Division (MOD) telah menetapkan suatu parameter Talpac yang digunakan sebagai dasar dalam mengestimasi target cycle time dumptruck pada kegiatan pengangkutan. Pada parameter ditetapkan kecepatan ratarata dumptruck untuk tiap-tiap segmen jalan dengan kemiringan dan rolling resistance tertentu. Namun, kesesuaian antara cycle time hasil estimasi parameter Talpac MOD dengan kondisi saat ini belum diketahui, karena belum adanya penelitian kembali terhadap parameter tersebut. Kemungkinan tidak berlakunya parameter Talpac MOD bisa terjadi karena standar jenis alat angkut yang digunakan pada saat itu berbeda dengan jenis alat angkut yang digunakan saat ini, yaitu jenis Liebherr T282B. Sedangkan alat angkut yang digunakan pada saat penetapan parameter Talpac MOD digunakan alat angkut dengan jenis Caterpillar 789C. Setelah dilakukan pengukuran ternyata terdapat perbedaan yang besar antara cycle time hasil estimasi Talpac dengan aktual, yaitu 3,61 menit dan 4,11 menit untuk dua rute pengangkutan yang diobservasi. Sementara itu MOD menetapkan perbedaan antara planing dengan pengukuran langsung di lapangan adalah maksimum 2 menit untuk mengetahui keakuratan parameter Talpac. Dari hasil observasi diketahui perbedaan ini disebabkan oleh ketidaksesuaian standar jenis alat angkut yang digunakan antara parameter Talpac MOD dengan alat angkut yang dipakai saat ini. Standar alat angkut yang digunakan pada saat penetapan parameter Talpac MOD adalah Caterpillar 789C, sedangkan alat angkut yang ada sekarang adalah jenis Liebeherr T282B, sehingga dapat dikatakan parameter Talpac MOD tidak berlaku lagi untuk kondisi sekarang. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan modifikasi pada parameter MOD, yaitu dengan melakukan re-design nilai kecepatan alat angkut dan rolling resistance sesuai dengan tiap-tiap segmen jalan. Observasi dilakukan pada 2 rute pengangkutan yang ada di pit Bendili yaitu Panel 6 ke Badak Dump dan Panel 6 ke Kedapat Dump. Setelah dilakukan modifikasi, didapatkan cycle time yang diperoleh dari simulasi Talpac yang telah dimodifikasi mendekati cycle time aktual, perbedaan yang terjadi adalah 10 detik untuk rute Panel 6 ke Badak Dump dan 8 detik dari Panel 6 ke Kedapat Dump. Berdasarkan tetapan MOD bahwa perbedaan maksimum 2 menit antara aktual dengan perencanaan maka hal ini dikategorikan akurat. Jadi, parameter Talpac hasil modifikasi bisa digunakan sebagai perencanaan cycle time dumptruck yang ada di pit Bendili, PT Kaltim Prima Coal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perencanaan cycle time, parameter talpac, re-design talpac, talpac mining operation division
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:42
Last Modified: 01 Apr 2024 04:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143038

Actions (login required)

View Item View Item