KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM SACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA

GUSTIANI, AYU and Nurhayati, Nurhayati and Indrawati, Sri (2011) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM SACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_060710012010.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_02.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_03.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_04.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_05.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (983kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_060710012010_0012075914_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_060710012010_0012075914_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah efektif atau tidak penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan memahami puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Inderalaya. Tujuannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran memahami puisi siswa VII SMP Negeri 1 Indralaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif model pembelajaran memahami puisi dan dapat meningkatkan kemampuan memahami puisi yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini beijumlah 64 orang siswa dengan rincian 32 orang siswa keias Vtt.1i (keiompok eksperimen) mendapat pembelajaran memahami puisi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan 32 orang siswa kelas VII.2 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran memahami puisi dengan metode konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan memahami puisi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Teknik yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes tes sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan memahami puisi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD lebih besar daripada skor rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol dari perhitungan uji t menunjukan thitung > ttabei atau 3,689 > 1,999 pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini membuktikanbahwa model pembelajaran STAD lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran memahami puisi siswa kelas VII SMP N 1 Indralaya daripada metode konvensional. Kata kunci: model pembelajaran STAD, pembelajaran memahami puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran STAD, pembelajaran memahami puisi.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 16 Apr 2024 01:30
Last Modified: 16 Apr 2024 01:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143143

Actions (login required)

View Item View Item