FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG

ARIANI, PERMATA DWI and Hasmidyani, Dwi (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_01_fornt_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_01_fornt_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (959kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_04.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_05.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281722033_0026058403_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06031281722033_0026058403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti telah melakukan pengamatan bahwa tingkat keaktifan belajar peserta didik terlihat kurang dominan saat proses pembelajaran, dari pengamatan ini peneliti ingin melihat seberapa besar faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 22 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpeserta didik kelas XI di SMAN 22 Palembang.Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan Teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak sehingga diperoleh sebanyak 195 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi.Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : faktor kecakapan terhadap keaktifan belajar sebesar 68,91% dengan kategori tinggi, faktor minat belajar terhadap keaktifan belajar sebesar 71,26% dengan kategori tinggi, faktor dororongan belajar terhadap keaktifan belajar sebesar 71,38% dengan kategori tinggi, faktor peserta didik terhadap keaktifan belajar sebesar 70,22% dengan kategori tinggi, faktor pendidik terhadap keaktifan belajar sebesar 73,31% dengan kategori tinggi, faktor stimulus belajar terhadap keaktifan belajar sebesar 74,12% dengan kategori tinggi dan faktor perhatian dan motivasi sebesar 69,41%. Dari uraian faktor diatas, semua faktor yang digunakan dalam penelitian ini berkategori tinggi dengan kisaran presentase 68 – 74% artinya semua faktor yang digunakan dalam penelitian ini sangat mempengaruhi keaktifan belajar.Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pendidik dan peserta didik bisa bekerjasama dalam menciptakan suasana belajar yang aktif supaya dapat mencapai tujuan hasil belajar yang dinginkan. Kata Kunci :Keaktifan, Kecakapan, Minat, Dorongan Belajar, Peserta Didik, Pendidik, Stimulus, Perhatian, Motivasi, Mata Pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Kecakapan, Minat, Dorongan Belajar, Peserta Didik, Pendidik, Stimulus, Perhatian, Motivasi, Mata Pelajaran Ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: PERMATA DWI ARIANI
Date Deposited: 28 May 2024 04:02
Last Modified: 28 May 2024 04:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145804

Actions (login required)

View Item View Item