NOPRIYANTI, NINING and Masri, R.H.M Ali and Heryana, Nandang (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (331kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (322kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (336kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419030_0005036803_0004105903_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsisiswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Srijaya NegaraPalembang. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental-Reseach). Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learning sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks deskripsi sebagaivariabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII, yang menjadi sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas pembanding(kontrol) yaitu kelas VII A. Hasil tes awal menulis teks deskripsi pada siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-ratanya hanya 58,03 setelah diberikan tes akhir nilai rata-rata siswa kelas eksperimen mencapai 74,71. Nilai rata-rata tes awal menulis teks deskripsi pada siswa kelas kontrol mencapai 56,74, setelah diberikantes akhir nilai rata-rata kelas kontrol mencapai 66,97. Artinya penggunaan model pembelajaran Experiential Learning mampu mempengaruhi kemampuan menulisteks deskripsi dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secaraoptimal. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai bahwa t (hitung) > t(tabel) atau 4,419 > 1,668 dengan df = 67 pada tingkat signifikansi 95% (α =0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penggunaanmodel pembelajaran Experiential Learning memberikan pengaruh terhadapkemampuan menulis teks deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh model pembelajaran Experiential Learning, menulis teksdeskripsi. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2724 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 07:32 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 07:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/14959 |
Actions (login required)
View Item |