SALSABILA, AMALIA and Awalia, Hema and Salim, Nanda Kamila (2024) EFEKTIVITAS MEDIA EDUKASI “DAILY BOOK CHALLENGE” TERHADAP CARA MENYIKAT GIGI PADA ANAK DI SD N 02 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_12201_04031182025010.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_01_Front_Ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (263kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (41kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_06_Ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_12201_04031182025010_0010078403_0004118405_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang: Angka kejadian gigi rusak, berlubang, atau sakit di Sumatera Selatan cukup tinggi yaitu 45,1% dimana 54% diantaranya dialami oleh anak usia sekolah. Upaya pencegahan perilaku karies dapat dilakukan dengan teknik menyikat gigi yang baik dan benar. Penyuluhan pada anak sekolah dasar dinilai sangat penting karena usia ini disebut sebagai masa kritis pada anak dan dianggap sebagai usia yang efektif dalam memberikan informasi melalui media yang menarik dan mudah dimengerti. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas media edukasi "daily book challenge" terhadap cara menyikat gigi pada anak di SD N 02 Palembang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini melibatkan 84 anak di SD N 02 Palembang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dengan intervensi menggunakan media edukasi "daily book challenge" dan kelompok kontrol tanpa intervensi. Pengukuran pengetahuan dan teknik menyikat gigi dengan kuesioner dan video. Analisis statistik menggunakan Mann-Whitney Test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol pada skor pengetahuan dan video menyikat gigi yang benar dengan nilai p=0,000 (p<0,05) sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan: Media edukasi "daily book challenge" efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan teknik menyikat gigi yang benar pada anak SD N 02 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daily Book Challenge, Pengetahuan, Teknik, Menyikat Gigi. |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry R Medicine > RK Dentistry > RK280 Oral and dental anatomy and physiology R Medicine > RK Dentistry > RK60.7-60.8 Preventive dentistry |
Divisions: | 04-Faculty of Medicine > 12201-Dentistry (S1) |
Depositing User: | AMALIA SALSABILA |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/149624 |
Actions (login required)
View Item |