ALTHAF, NABELLA OKTAFIFAH and Nurhayati, Nurhayati and Ratnawati, Latifah (2018) PENGARUH STRATEGI FORMEANING RESPONSE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (136kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (130kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (280kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (47kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021381419058_0018076202_0007025502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi formeaning response terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa, diberi perlakuan menggunakan strategi formeaning response dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa diberi perlakuan menggunakan strategi konvensional. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan independent sampel tes dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 62,69 dan nilai tes akhir sebesar 79,53. Hasil tes awal kelas kontrol sebesar 50,72 dan nilai tes akhir sebesar 64,87 hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 16,84% pada kelas eksperimen dan peningkatan sebesar 14,15% pada kelas kontrol. Hasil analisis data dengan menggunakan independent sampel tes menunjukkan bahwa t (hitung) > t (tabel) atau 5,387> 2,002 dengan df = 58 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “ Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi formeaning response dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis puisi (μ1≠μ2)” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi formeaning response lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Strategi Formeaning Response, Strategi Konvensional,Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035-1035.8 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2682 not found. |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 09:50 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 09:50 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15130 |
Actions (login required)
View Item |