PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI DALAM PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

PUSPITA, EKA and Wisma, Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI DALAM PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025065_1015069301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025065_1015069301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan bullying merupakan perilaku yang tidak dapat dibenarkan dalam hal apapun karena perilaku bullying ini dampaknya sangat merugikan bagi para korbannya, penyebab bullying terjadi dikarenakan siswa tidak bisa meregulasikan emosinya dengan baik, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Regulasi Emosi dalam upaya pencegahan Bullying di SMA Negeri 2 Palembang dengan menggunakan Media Power Point Interaktif. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan, penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (Tahap Analisis), Design (Tahapan Perancangan) Development (Pengembangan) Implementation (Tahapan Impplementasi) Evalution (Tahapan Evaluasi) . Setelah melewati tahap dalam pengembangan media dihasilkan media Power Point Interaktif untuk meningkatkan Regulasi Emosi yang terdiri dari Materi, kuis, dan soal. Peneliti telah melakukan penelitian pengembangan yang berguna untuk meningkatkan regulasi emosi dalam pencegahan perilaku bullying di SMA Negeri 2 Palembang dengan menggunakan media Power Point Interaktif yang valid dan Praktis. Dari data yang didapatkan setelah hasil penghitungan dapat diketahui bahwa pada tahapan One to One, Small Group dan Field test diperoleh hasil Pada tahap One to one peneliti mendapatkan hasil kepraktisan 94,54%, tahapan Small Group didapatkan hasil kepraktisan 98,18% , Tahapan Field Test mendapatkan hasil kepraktisan 88,27%, Berdasarkan hasil analisis penelitian dan juga berdasarkan deskripsi dengan sumber yang mendukung dapat disimpulkan bahwa media Power Point Interaktif untuk meningkatkan Regulasi emosi dalam pencegahan perilaku bullying dalam bimbingan kelompok Terkategori Sangat Baik dengan nilai diatas 80% dalam hal Valid dan Praktis, sehingga media sudah layak dan dapat digunakan sebagai media dalam melaksanakan layanan Klasikan sebagai pecegahan perilaku Bullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bullying,Power Point Interaktif, Regulasi Emosi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Teaching Materials (Bahan Ajar)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Eka Puspita
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:01
Last Modified: 24 Jul 2024 06:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/153176

Actions (login required)

View Item View Item