PENGEMBANGAN SKALA BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR LOCUS OF CONTROL SISWA YANG MENGALAMI MASALAH REGULASI DIRI

EGIYAH, DAVITA and Yosef, Yosef (2024) PENGEMBANGAN SKALA BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR LOCUS OF CONTROL SISWA YANG MENGALAMI MASALAH REGULASI DIRI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_0023036204_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_0023036204_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382025079_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86201_06071382025079_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Locus of control merupakan keyakinan individu agar dapat mengontrol peristiwa dalam kehidupanya. Siswa dapat dikatakan memiliki locus of control dilihat dari bagaimana siswa itu dapat memahami jika peristiwa yang dialami dalam hidup merupakan akibat dari perilaku diri sendiri sehingga siswa memiliki pengendalian locus of control, pengendalian locus of control yang dikategorikan baik ialah saat siswa memiliki karakteristik locus of control internal. Siswa yang memiliki locus of control internal yang baik mampu membuat siswa mengontrol ataupun mengendalikan tindakan serta keberhasilan yang disebabkan oleh diri sendiri, ssebaliknya jika siswa tidak memiliki locus of control internal maka dirinya tidak dapat mengontrol serta mengendalikan kendali setiap tindakan dalam kehdupannya serta berpikir jika keberuntungan mempengaruhi kehidupannya atau bergantung pada bantuan orang lain, khususnya di lingkungan pembelajaran atau akademiknya. Subjek pada penelitian ini sebanyak 7 siswa untuk tahapan pilot test dan 46 siswa untuk tahapan tes akhir atau pilot test yang didapatkan secara purposive dengan ketentuan memiliki masalah regulasi diri dari dua sekolah MAN 1 Banyuasin dan SMKN 1 Banyuasin III. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat 24 item valid dari 58 item pernyataan yang diujikan. Dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,846 yang dikategori tinggi dan nilai kepraktisan 75% yang dikategori sangat praktis. Sehingga skala yang dihasilkan ini dapat dijadikan sebagai skala untuk mengukur locus of control siswa yang mengalami masalah regulasi diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Skala; Web; Locus of Control; Regulasi Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Davita Egiyah
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:37
Last Modified: 24 Jul 2024 07:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/153190

Actions (login required)

View Item View Item